Senin, 21 November 2016

Sakit Maag yang Sering Diderita Mahasiswa/i

Nama : Guztap Jabarul Haq
NPM  : 220110160019
Fakultas Keperawatan 2016 (Kelas A)



Assalamualaikum. Kali ini saya ingin  membahas tentang penyakit yang sering dialami oleh berbagai kalangan, khususnya pada mahasiswa. Penyakit maag sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu maag kronis dan maag akut. Berbagai glongan usia bisa bisa mengalami penyakit ini, tetapi biasanya kau mahasiswalah yang sering terkena penyakit ini.

Apasih sebenarnya penyakit maag? Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia. Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.

Para mahasiswa sering sekali terserang penyakit ini dikarenakan pola makan yang buruk serta asupan makanan yang kurang sehat. Para mahasiswa yang jauh dari orantuanya tidak bisa mengatur pola makan yang baik serta asupan yang tidak baik pula bagi kesehatan. Contohnya adalah, para mahasiswa sering sekali mengkonsumsi makanan siap saji seperti mie instan yang sangat berbahaya bagi lambuung. Selain itu mahasiswa juga sering ditimpa stres tentang masalah perkuliahan yang bisa juga enimbulkan penyakit maag ini.

Sakit maag termasuk penyakit umum di Indonesia. Menurut data yang dilakukan di beberapa pusat endoskopi di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen dari jumlah tersebut merupakan dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional merupakan kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

Berikut adalah cara mengatasi maag yang sederhana tanpa obat  :
Makan dengan teratur, Makan makanan yang sehat, Minum air putih, Kurang menggunakan obat aspirin, serta Istirahat yang cukup.

Sedangkan Cara Pencegahan Penyakit Maag Kronis Parah adalah :
  1. Hindarilah perut kosong
  2. Aturlah jadwal makan Anda dengan porsi yang kecil dan juga dengan frekuensi yang sering.
  3. Konsumsi jenis makanan yang bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan.
  4. Jangan makan makanan yang mengandung alkohol, gas karbondioksida seperti softdrink, kopi, serta cokelat.
  5. Sebaiknya Anda menyelesaikan masalah Anda sehingga tidak akan menimbulkan stres berkepanjangan yang bisa memicu naiknya asam lambung.
Jadi, maag bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Kuncinya adalah dengan melakukan pola makan yang baik, istirahat yang cukup, serta olahraga rutin dapat menjaga kita dari penyakit maag ini. Jangan pernah menganggap remeh berbagai penyakit, apalagi untuk penyakit seperti ini. lakukanlah pola hidup yang baik agar kesehatan kita selalu terjaga. Sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan, terimakasih. 


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar